Selasa, 29 Maret 2011

Konsep Objek Orientasi Program


Pengenalan Java
Apa itu Java ?
Java adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek (OOPObject
Oriented Programming). Paradigma OOP menyelesaikan
masalah dengan merepresentasikan masalah ke model objek.

Keutamaan Java disbanding bahasa pemrograman lain:
- Cross platform, dengan adanya Java Virtual Machine(JVM)
- Pengembangannya didukung oleh programmer secara luas
- Automatic Garbage Collection, membebaskan programmer dari
tugas manajemen memori
Pemrograman Berorientasi Obyek (OOP)
Pemisalan Objek dalam OOP
Objek-objek dalam dunia nyata, mempunyai 2 karakteristik khusus : Status
dan Perilaku. Contohnya, sepeda punya status(jumlah gir, jumlah pedal,
dua buah ban) dan perilaku(mengerem, mempercepat, ubah gir).
Bahasa yang berorientasi pada objek pun mempunyai karakteristik yang
sama dengan objek-objek di dunia nyata. Yaitu status yang dalam bahasa
pemrograman biasanya disimpan sebagai Variabel dan perilaku yang
diimplementasikan sebagai Method.
Karakteristik OOP
1. Enkapsulasi(Pembungkusan)
Enkapsulasi adalah pelindung program dan data yang sedang
diolah. Enkapsulasi mendefinisikan perilaku dan melindungi
program dan data agar tidak diakses secara sembarangan oleh
program lain.
Dalam Java, dasar enkapsulasi adalah class. Anda membuat suatu
class yang menyatakan bahwa variable atau method sebuah class
tidak dapat diakses oleh class lain dengan menjadikan class
tersebut private, atau menjadikan class tersebut protected – yaitu
hanya bisa diakses oleh turunannya, atau menjadikan class
tersebut public – yaitu bisa diakses oleh sembarang class.
2. Inheritansi
Objek-objek yang berada di sekitar kita adalah objek-objek yang
saling terhubung secara hirarkis. Misalnya :
Lingkaran dan Bujur Sangkar adalah turunan dari bentuk 2D dan
Bentuk 2D adalah turunan dari Objek Gambar
Objek Gambar
Bentuk 2D Bentuk 3D
Lingkaran Bujur Sangkar Piramida Bola
Lingkaran dan Bujur Sangkar mewarisi(inherit) sifat-sifat dari bentuk
2D, juga mewarisi sifat-sifat dari objek gambar
Lingkaran dan Bujur Sangkar dapat dikatakan subclass dari bentuk
2D. Bentuk 3D adalah superclass dari Bola dan Piramida, dan
seterusnya.
3. Polimorfisme
Walaupun Lingkaran dan Bujur Sangkat sama-sama turunan dari
Bentuk 2D, tetapi cara menubah ukuran masing-masing berbeda,
untuk lingkaran anda harus merubah besar jari-jarinya, sedang
untuk bujur sangkar anda harus mengubah panjang sisinya.
Dalam Java implementasi, method suatu parent-class dapat diubah oleh
sub-class, hal ini dikenal dengan overriding method. Deklarasi method
sama tetapi implementasi atau definisinya berbeda(Method atau perilaku
yang sama tapi implementasinya/caranya yang berbeda-beda inilah yang
disebut dengan Polimorfisme).
Menulis Program Java
Aturan penulisan program di Java
- Java adalah turunan dari C, sehingga Java memiliki sifat C yaitu
Case sensitive, yaitu membedakan antara huruf besar dan kecil
- Dalam sebuah file program di Java, hanya diijinkan memiliki 1 buah
class yang bersifat public
- Dalam sebuah file program Java, hanya ada satu method
main(method yang pertama kali dibaca oleh interpreter Java)
- Nama sebuah file program Java harus sama dengan nama class
yang memiliki method main() di dalam tubuhnya. Perhatikan bahwa
tulisan nama file dengan nama class (huruf besar maupun kecilnya)
haruslah persis sama. .
Berikut adalah contoh membuat program dengan menggunakan Java.
Pada program akan ditampilkan tulisan “Hello World !“
//Nama File Hello.java
class Hello
{
public static void main(String args[])
{
System.out.println(“Hello World !”);
}
}
Langkah selanjutnya :
1. Simpan dengan nama: Hello.java
2. compile Hello.java : javac Hello.java
3. hasilnya akan menghasilkan : Hello.class
4. jalankan Hello.class: java Hello.class atau java Hello
5. akan keluar hasil :
Hello world!
Programming Tip :
Dalam penulisan bahasa program, disarankan :
1. Huruf depan dari sebuah class atau method menggunakan huruf besar
2. Menulis Komentar pada sebuah class atau method untuk memudahkan
debug(pencarian kesalahan). Serta mempermudah orang lain
membaca program kita. Ingat !!! Dalam dunia nyata, programmer
bekerja secara team, jadi usahakan partner team mengerti apa yang
kita buat dengan memberikan komentar(tentang pembuatan komentar
akan dibahas dibawah)
3. Membuat indentasi(jarak antara induk perintah dan anak perintah).
Identasi sebisa mungkin dibuat standard, semisal pada contoh diatas,
jarak antara tulisan “class Hello” sebagai induk perintah dengan tulisan
“public…..” sebagai anak perintah adalah 5 spasi. Sekali lagi, ini untuk
mempermudah dalam pengertian program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selengkapnya: Menambah Animasi Tampilan Blogger | Blogger Tune-Up http://modification-blog.blogspot.com/2008/11/menambah-animasi-tampilan-blogger.html#ixzz1HyzRIlzl Under Creative Commons License: Attribution